Gumukmas - Kesemutan pada penis bukanlah sesuatu yang harus diabaikan pria. Ada beberapa jenis tingle, dan sementara sebagian besar mudah disembuhkan, beberapa bisa sangat serius.

Kesemutan, sebagaimana dimaksud dalam artikel ini, lebih banyak jenis pin dan jarum dan kurang dari jenis pembakaran. Sensasinya bisa terasa seperti tusukan kecil di penis atau memiliki intensitas kilat.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diwaspadai pria ketika kesemutan menjadi lebih dari sekadar fenomena sesaat.

1) Dermatitis Kontak - Dermatitis kontak adalah reaksi alergi atau iritasi kulit akibat kontak dengan zat asing. Penyebab paling umum adalah sabun, deterjen, lotion tubuh, alergen lingkungan seperti poison ivy, dan perhiasan. Mungkin ada kesemutan selain ruam. Biasanya, krim kortison dapat membantu membersihkannya dengan cepat. Jika dermatitis kontak adalah hasil dari penindikan penis, penindikan perlu dihilangkan.

2) Paresthesia - Kesemutan adalah akibat dari kerusakan saraf dan paling umum pada pria yang menderita diabetes atau kondisi neurologis kronis seperti multiple sclerosis. Dalam hal ini, bagian tubuh lain juga akan menderita kesemutan, bukan hanya penis. Temui dokter segera untuk konsultasi medis.

3) Genital Herpes - Penis yang menggeliat adalah tanda herpes genital. Sensasi sering digambarkan sebagai "listrik" geli dan biasanya disertai dengan berjerawat pada penis. STD yang tidak dapat disembuhkan, herpes genital membutuhkan perawatan segera untuk perawatan wabah dan kemudian pemeliharaan seumur hidup orang yang terinfeksi. Meskipun tidak dapat disembuhkan, itu dapat dikelola secara efektif. Orang dengan herpes genital perlu menghubungi pasangan masa lalu begitu mereka mengalami wabah dan memberi tahu semua pasangan intim baru sebelum kontak seksual bahkan jika mereka tidak mengalami wabah.

4) Genital Warts - genital warts yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) patut mendapat perhatian khusus. Seringkali, sensasi sesaat sebelum kutil muncul adalah kesemutan, tetapi begitu kutil terlihat, sensasi berubah menjadi lebih gatal. Benjolan-benjolan itu tidak menimbulkan rasa sakit, gatal saat tumbuh, dan berubah berdarah saat berhubungan seks. Sayangnya, 70 persen orang yang berhubungan seks dengan seseorang dengan HPV akan mengembangkan kutil dalam waktu 90 hari. Namun, mempertahankan tingkat vitamin A yang sehat dalam makanan dapat sangat mengurangi peluang untuk menangkap dan menyebarkan penyakit. Berbagai vaksinasi dapat melindungi pria dan wanita dari HPV dan ada juga resep yang dapat membantu setelah wabah terjadi. Temui dokter segera setelah gejalanya muncul.

5) Batu Ginjal - Batu ginjal umumnya akan mulai dengan tekanan dan kesemutan. Namun, rasa sakit akan meningkat menjadi lebih banyak rasa sakit yang menusuk sampai batu dilewatkan (berharap untuk melihat sedikit darah dalam urin) atau diangkat dengan operasi. Pria yang berpikir mereka memiliki batu ginjal harus segera berkonsultasi dengan dokter mereka.

Mencegah dan Menghilangkan Kesemutan di Penis

Tergantung pada penyebabnya, pria yang memiliki penis geli harus selalu berkonsultasi dengan dokter jika mereka merasa masalah ini serius. Kesehatan penis yang tepat dimulai di rumah meskipun dengan beberapa kata bijak ketika menjaga penis sehat dan dalam kondisi terbaik.

Ketika dalam situasi intim, praktikkan seks aman dan bicarakan seks dengan pasangan untuk memastikan semua informasi medis terkait diketahui. Kondisi seperti HPV dan herpes genital dapat dikontrak saat menggunakan perlindungan, jadi penting untuk memahami risikonya.

Selain itu, jaga agar penis tetap bersih dan lembab. Gunakan pembersih ringan seperti sampo bayi atau pembersih wajah dengan bahan alami yang lembut. Setelah membersihkan kulit, krim kesehatan penis yang diformulasikan secara khusus (ahli kesehatan merekomendasikan Man 1 Man Oil, yang telah terbukti secara klinis aman dan ringan untuk kulit)harus diterapkan. Krim nutrisi yang dirancang khusus untuk penis harus mengandung bahan-bahan seperti vitamin A, C, D, dan E, yang terkenal karena sifatnya yang menenangkan dan menyembuhkan kulit.

Pria harus mencari pelembab yang mengandung pelembab alami seperti Shea butter, yang menenangkan kulit yang gatal saat bersentuhan dan membiarkannya terhidrasi, kenyal dan kurang rentan terhadap kekeringan dan gatal di masa depan. Untuk pria dengan kerusakan saraf, creme yang juga menyertakan L-Carnitine sangat ideal karena telah terbukti melindungi terhadap kerusakan saraf perifer yang umum terjadi pada diabetes dan penyakit neurologis.